Cara Menghadapi Tekanan Kerja

Sebagai seorang yang terjun ke dunia kerja, beban dan tuntutan pekerjaan tentu akan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Terkadang ada saatnya kita dituntut untuk mengejar target, memenuhi deadline, bahkan mangatasi konflik dan semua itu menuntut untuk mampu bekerja di bawah tekanan. Menghadapi tekanan dalam bekerja sebenarnya adalah hal yang biasa dalam bekerja, namun tidak semua orang siap menghadapinya.

Kemampuan bekerja di bawah tekanan kini menjadi salah satu skill yang harus dikuasai oleh seorang pekerja. Di satu sisi, bekerja di bawah tekanan dapat memotivasi diri untuk memaksimalkan kualitas kerja dan memenuhi target yang diharapkan. Disisi lain, jika berlebihan juga tidak baik karena dapat memicu stres dan justru mengakibatkan hasil pekerjaan yang kurang memuaskan.

Nah, agar kamu dapat menghadapi situasi kerja yang penuh tekanan, beberapa hal ini dapat kamu terapkan:

1. Fokus menyelesaikan tugas

Daripada mengeluh dengan banyaknya tekanan kerja, lebih baik kamu fokus dalam menyelesaikan tugas agar bisa selesai dengan baik dan tepat waktu. Cobalah untuk menyelesaikan satu tugas dalam satu waktu, agar kamu bisa lebih berkonsentrasi dan tugas pun selesai secara maksimal. Jangan mengerjakan banyak hal secara bersama sekaligus. Adakalanya mengerjakan banyak hal dalam satu waktu secara bersamaan malah akan berdampak negatif.

2. Berusaha untuk tetap tenang

Bekerja di bawah tekanan tentu bukan hal yang mudah. Namun, jika kamu mampu bersikap tenang dalam berbagai situasi, ini akan membantumu berpikir lebih jernih. Dengan berpikir lebih jernih, kamu dapat menyelesaikan tugas atau masalah yang di hadapi dengan lebih baik dan bijaksana. Oleh karena itu, latih dan biasakan dirimu untuk bersikap tenang dalam berbagai situasi. Coba kerjakan tugas secara perlahan tapi pasti dan beri jeda otakmu untuk beristirahat sejenak.

3. Membuat skala prioritas

Tulis jadwal tugas dan waktu deadline dari setiap tugas yang harus kamu lakukan di agendamu. Nilai setiap tugas yang diberikan atasan dengan menentukan skala prioritasnya, apakah harus segera dikerjakan atau tidak. Untuk hal ini kamu, dapat berdiskusi dengan atasan atau rekan kerjamu. Berusaha untuk tetap fokus dengan apa yang sudah kamu agendakan dan jangan ragu untuk menolak tugas tambahan yang tidak masuk kedalam skala prioritasmu.

4. Jadikan tekanan kerja sebagai tantangan

Tugas yang berat dan menekan memang terkadang membuat kita menjadi mudah stres dan akibatnya performa kerja menjadi kurang maksimal. Untuk itu sangat penting kita mengubah mindset bahwa tekanan kerja adalah beban, tetapi jadikan tekanan kerja sebagai kesempatanmu untuk mengembangkan diri. Hal ini dapat memicu kamu fokus untuk mengerjakan tugas secara optimal dan tidak menjadikan tekanan kerja sebagai musuh.

Demikianlah beberapa hal yang dapat kamu terapkan jika kamu sedang bekerja di bawah tekanan, dan semoga tips-tips di atas dapat membantumu dalam menghadapi tekanan kerja.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *