Pertimbangkan Hal-hal Ini Sebelum Memutuskan untuk Berganti Karir

Pernahkah kamu berpikir untuk mencoba berganti karir atau profesi karena merasa tidak cocok dengan pekerjaan yang saat ini sedang dijalani? Berganti karir atau berganti profesi sebenarnya merupakan hal yang cukup sering terjadi di dunia kerja. Ada banyak karyawan yang sudah bekerja selama bertahun-tahun rela meninggalkan karir yang sudah dibangun dan mencoba profesi baru.

Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan seseorang berkeinginan untuk mengubah jalan karirnya, mulai dari merasa kurang cocok dengan profesi yang dijalani saat ini, rasa tidak puas dengan pekerjaan, ingin lebih fleksibel dalam waktu, penasaran, ingin mencoba hal baru, dan beberapa alasan lainnya.

Keinginan berganti karir sebenarnya merupakan hal yang lumrah dirasakan oleh karyawan. Meskipun begitu, berganti karir bukan hal yang mudah untuk dilakukan dan bukanlah keputusan yang bisa diambil dengan minim persiapan. Untuk itu kamu perlu mempersiapkan dan mempertimbangkan hal-hal ini sebelum memutuskan untuk mengubah karir:

1. Pahami alasanmu yang sebenarnya secara spesifik

Sebelum memutuskan berganti karir, kamu harus paham dahulu alasan sesungguhnya kenapa kamu ingin mengubah karir. Berganti karir merupakan keputusan besar. Kamu tidak bisa sembarangan atau hanya dengan alasan bosan, iseng, atau hanya ingin mencobanya saja. Apalagi ditambah dengan belum memiliki persiapan apapun.

Masih banyak orang yang belum paham dengan tujuan karir sehingga mereka cenderung memilih karir yang salah. Itulah mengapa kamu harus memiliki alasan yang tepat, meskipun dihadapkan dengan gaji besar yang kamu inginkan belum tentu karir tersebut cocok untukmu. Jangan lupa juga untuk menentukan apa sebenarnya sasaran yang ingin kamu capai dengan karir baru tersebut.

2. Memiliki rencana yang matang

Sebelum memutuskan untuk pindah karir atau berganti profesi, kamu harus membuat perencanaan yang matang. Lebih baik jika kamu tidak langsung memutuskan untuk resign dari tempat kerja yang sekarang.  

Pindah karir atau ganti bidang pekerjaan merupakan keputusan besar. Hal ini membutuhkan persiapan matang dan keberanian yang besar untuk mewujudkannya. Berpindah jalur karir juga memiliki risiko yang tinggi. Pastikan kamu sudah siap dengan segala risiko yang ada. Berani memulai semuanya dari nol atau mulai dari awal.

3. Pastikan kamu sudah memiliki skill yang di butuhkan

Pergantian karir tidak bisa sembarangan dan dibutuhkan persiapan. Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk berganti karir, kamu harus terlebih dahulu menguasai skill apa yang akan dibutuhkan untuk karir tersebut. Ini bertujuan agar tidak terjadi kegagalan dan bisa meraih kesuksesan nantinya.

4. Siap dengan segala konsekuensi

Setiap keputusan pasti selalu memiliki konsekuensi. Begitupun saat kamu memutuskan untuk berganti karir, kamu juga harus siap dengan segala resiko yang akan di hadapi nantinya. Berganti karir tidak hanya mengubah pekerjaan saja, tetapi juga resiko atau konsekuensi. Seperti siap untuk memulai karir dari awal, mempelajari semua hal baru dari nol, beradaptasi dengan lingkungan baru, mengenal budaya kerja di tempat baru, penghasilan yang mungkin berkurang, memahami lingkungan kerja baru, dan sebagainya.

Nah sudah tahukan apa saja yang harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk berganti karir? Semoga bermanfaat.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *