Kelebihan Bekerja Multitasking

Saat bekerja, seringkali kita dituntut untuk dapat mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu secara bersamaan atau sering disebut juga dengan multitasking. Multitasking kini menjadi salah satu skill yang banyak dibutuhkan dalam dunia kerja. Ini juga menjadi salah satu skill yang banyak dicari oleh perusahaan. Bahkan saat ini beberapa lowongan kerja sudah mencantumkan kemampuan multitasking yang baik dalam persyaratannya.

Lalu apa saja kelebihan dari bekerja secara multitasking, mari kita bahas satu persatu:

1. Pekerjaan menjadi cepat selesai

Multitasking berarti kamu mengerjakan beberapa pekerjaan secara bersamaan dan hal ini ternyata memiliki manfaat yang baik, yaitu pekerjaan menjadi lebih efisien dan cepat terselesaikan. Berbeda jika kamu mengerjakan satu persatu tugasmu, pasti akan membutuhkan waktu lebih lama. Untuk mempermudahmu melakukan multitasking, kamu dapat mencari pekerjaan yang serupa atau saling berkaitan agar dapat dikerjakan secara berbarengan.

2. Meningkatkan produktivitas

Multitasking juga dapat meningkatkan produktivitas kerja. Kamu meng-handle beberapa pekerjaan sekaligus, dan ini sangat baik untuk performa kerjamu. Atasan dapat melihat seberapa banyak pekerjaan yang kamu selesaikan dalam waktu yang bersamaan.

3. Mencegah menunda pekerjaan

Kelebihan multitasking selanjutnya adalah dapat mecegah kamu menunda pekerjaan. Kita akan cendrung termotivasi dan semangat untuk menyelesaikan pekerjaan, jika bisa mengerjakan beberapa tugas bersamaan. Tugas cepat selesai dan tidak ada tugas yang tertunda.

Selain itu multitasking juga dapat menghindarikan kamu dari distraksi. Pikiranmu akan lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin. Kamu tidak akan berpikir untuk membuang waktu secara percuma dengan mengerjakan hal lain di luar tugas.

4. Meningkatkan kemampuan kerja

Dikutip dari indeed.com, multitasking dapat meningkatkan kemampuan kerja. Hal ini karena kamu sudah terbiasa melakukan banyak pekerjaan dalam kurun waktu yang singkat. Selain itu, multitasking juga dapat melatih fokus dalam melakukan banyak hal. Ini memungkinkan kamu untuk mempunyai fleksibelitas dan kemampuan beradaptasi dengan baik.

Itulah beberapa manfaat multitasking. Sebenarnya kemampuan multitasking setiap orang berbeda-beda. Penerapan multitasking ini pun tergantung dengan kemampuan dan pertimbangan kamu sendiri. Kamu bisa menentukan berdasarkan kemampuanmu. Jika memang mampu, tidak ada salahnya kamu melakukan multitasking. Namun, jika kamu belum mampu atau belum terbiasa, kamu bisa melatihnya.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *