Rahasia Mendapatkan Promosi Jabatan

Sebagai karyawan, kita tentu menginginkan perkembangan karir. Salah satunya adalah mendapatkan promosi jabatan di tempat kerja. Mengingat persaingan di dunia kerja yang begitu ketat, memperoleh promosi jabatan menjadi lebih sulit dari apa yang dibayangkan. Meskipun begitu jangan langsung putus asa. Berikut trik-trik yang bisa dilakukan agar atasan mau mempromosikan kita ke posisi yang lebih tinggi.

1. Selalu berupaya mancapai target

Performa kerja merupakan faktor utama yang harus diperhatikan jika ingin mendapatkan promosi jabatan. Performa kerja yang bagus, reputasi kerja yang baik, dan profesional adalah pertimbangan penting untuk mendapatkan promosi jabatan. Hal ini dapat ditunjukan dengan selalu mencapai target-target yang ditetapkan.

Pastikan selama bekerja, kamu tidak menunda-nunda tugas. Selalu menyelesaikan tugas sebelum deadline. Tunjukan upaya terbaikmu agar atasan bisa melihat kemampuan kamu, seperti menyelesaikan tugas-tugas tepat waktu. Kamu akan mendapatkan nilai plus di mata atasan. Kerjakan semua tugas yang diminta dengan baik dan sebisa mungkin melebihi harapan atasan, bekerjalah secara konsisten dengan upaya terbaik, maka kamu sudah separuh jalan untuk mendapatkan promosi jabatan.

2. Meningkatkan skill dan mengembangkan diri terus menerus

Memiliki kemampuan memadai saja terkadang tidak cukup untuk membuat seseorang bertahan dalam pekerjaannya, apalagi untuk naik jabatan. Jadi selain berupaya mencapai target kamu juga perlu terus meningkatkan skill dan kemampuan kerja. Saat ini hanya menguasai satu skill saja ternyata tidak cukup. Kamu harus bisa menguasai banyak bidang keterampilan untuk bisa mendongkrak karir. Dengan menguasai banyak bidang, maka peluang untuk menjajal karir yang lebih tinggi juga semakin terbuka lebar.

Lakukan inovasi dalam mengembangkan kemampuan kamu dan dalam menangani setiap tugas. Atasan cenderung lebih suka pada karyawan yang berorientasi pada proses dan mau mengembangkan diri serta punya semangat belajar yang tinggi. Dengan demikian, peluang promosi jabatan juga terbuka lebar.

3. Mampu bekerja dalam tim

Dalam bekerja tentu tidak selamanya kamu mengerjakan segala sesuatu seorang diri. Kamu juga harus bekerja sama dengan orang lain dalam tim agar pekerjaan selesai lebih cepat dengan hasil yang memuaskan. Kemampuan bekerja dalam tim menjadi hal krusial untuk mengembangkan karir.

Atasan akan menilai sikap  dan kemampuan kamu saat bekerja dalam tim. Jika kamu mampu bekerja dengan baik dalam tim, kemungkinan besar atasan akan menilai kamu sebagai sosok yang sanggup untuk diberikan kepercayaan lebih besar. Jadi ketika bekerja dalam tim, tunjukkan kalau kamu mampu berbaur dengan baik, tidak egois, dan mengedepankan kepentingan tim diatas kepentingan pribadi.

4. Disiplin

Memiliki sikap disiplin adalah hal yang penting dalam dunia kerja. Seperti disiplin datang ke kantor tepat waktu, disiplin menyelesaikan pekerjaan sebelum deadline, disiplin menaati peraturan yang berlaku di tempat kerja, dan lainnya. Atasan menyukai karyawan yang punya disiplin tinggi. Jadilah karyawan yang disiplin dalam bekerja. Tidak sedikit karyawan yang sudah berada di posisi tinggi, yang pada akhirnya turun dari jabatannya karena tidak disiplin saat bekerja.

Mendapatkan promosi jabatan tidak bergantung pada seberapa lama kamu bekerja, tetapi lebih pada seberapa baik kamu bekerja. Jika kamu ingin mendapatkan promosi, kamu harus terus meningkatkan kinerjamu. Buktikan bahwa kamu mampu bekerja dengan baik dan mampu mengatasi kesulitan yang ada di tempat kerja. Atasan pasti akan mencermati dan melihat prestasi yang telah kamu raih dengan memberikan promosi jabatan pada waktunya

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *